Tahukah kamu?

Tahukah kamu?

Kuku, meskipun berukuran kecil, jangan sepelekan keberadaannya. Secara tidak sadar, hal sederhana seperti mengupas kulit buah dan membuka pengait tutup kaleng minuman, akan terasa sulit dilakukan jika Anda tak memiliki kuku. Kuku manusia terbentuk dari protein yang sama halnya dengan protein rambut, biasa dikenal dengan nama keratin.

1. Matriks Kuku

Matriks kuku terletak pada bagian paling dalam dari kuku. Bagian ini berfungsi untuk mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang mendorong keluar lempeng kuku dan menggantinya dengan keratin baru.

2. Nail bed

Nail bed adalah istilah untuk bagian dalam kuku yang letaknya persis di bawah lempengan kuku dan merupakan lanjutan kulit di sekitar kuku. Bagian ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan kuku Anda agar tetap menyatu dengan kulit melalui keratin yang dihasilkannya.

3. Lempeng Kuku

Lempeng kuku berbentuk melengkung dengan warna yang merah muda akibat kapiler dermal yang mendasari dalam kuku. Jika Anda memiliki tekstur lempeng kuku yang bergaris dan memiliki perubahan warna dan ketebalan, ini bisa jadi pertanda penyakit. Perubahan non-pathological pada lempeng kuku juga bisa ditandai dengan hilangnya permukaan melengkung yang halus. Jangan khawatir, ini merupakan faktor usia, bukan gejala yang serius.
Atau, mungkin Anda sering melihat bintik putih di dalam kuku Anda, kita sering mengistilahkannya dengan bunga kuku. Ini merupakan 
striae leukonikia, rongga udara dalam lempeng kuku dan tidak berkaitan dengan kekurangan kalsium.

4. Lipatan kuku

Nail fold atau lipatan kuku adalah bubungan kulit yang terletak di area sekitar kuku. Lipatan kuku terdiri dari proksimal dan lateral. Lipatan lateral inilah yang rentan terhadap trauma mekanik seperti, menggigit kuku, pertumbuhan kuku di dalam kulit yang menyebabkan infeksi bakteri dan jamur. Pada bagian ini juga, kuku sering mengalami radang dan pembengkakan yang dikenal sebagai paronychia atau lebih dikenal dengan istilah cantengan.

5. Kutikula

Bagian ini letaknya tumpang tindih ke bagian proksimal dari lempeng kuku. Kutikula meskipun terlihat sepele, tetapi ia berfungsi untuk mencegah cedera dan infeksi akar kuku ataupun matriks. Bentuk kutikula cenderung tipis, transparan, dan berukuran lebih kecil daripada lunula. Bentuk kutikula yang tidak beraturan bisa menjadi tanda Anda kurang merawat kuku atau sebaliknya terlalu berlebihan melakukan manicure, serta tanda dari penyakit jaringan partikel penyambung tertentu.

6. Lunula

Lunula adalah bagian kuku yang berbentuk bulan sabit di dasar lempeng kuku Anda. Biasanya berwarna pucat putih, dan apabila terkena cahaya akan sedikit membiasa menjadi warna merah muda. Lunula biasanya terlihat pada kuku ibu jari Anda. Perlu Anda ketahui, perubahan lunula menjadi sedikit runcing pada ujungnya, biasanya hal itu menandakan bahwa sebaiknya Anda tidak melakukan manicure secara berlebihan.

Related posts

Leave a Comment