Sudah Sehatkah Jajanan Kita?

Sudah Sehatkah Jajanan Kita?

Menururt beberapa orang, melakukan pola hidup sehat adalah hal yang sulit, terlebih saat di sekolah. Sering kali kita tidak memerhatikan jajanan yang kita makan sehat atau tidak. Kita hanya memerhatikan rasa dan harga murah dari jajanan tersebut, dan tidak peduli bahan berbahaya apa yang terkandung di dalamnya. Salah satu tujuan makan adalah agar tubuh kita sehat, namun di sisi lain makan juga dapat menjadi salah satu sumber penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah jajanan yang sehat, yaitu jajanan yang bersih dan aman dari cemaran bahan kimia.

Dari segi kesehatan, makanan yang tidak berkualitas akan menimbulkan penyakit. Misalnya, sakit maag setelah memakan jajanan yang menggunakan saus atau batuk setelah meminum minuman tidak sehat. Bahan tambahan makanan umumnya berupa bahan–bahan kimia yang asing bagi tubuh. Mengonsumsi bahan kimia terlalu berlebihan ke dalam tubuh mengakibatkan tubuh terserang penyakit seperti kanker hingga berdampak kematian.

Harga bahan–bahan pokok kini kian meningkat. Hal ini yang menjadikan pedagang untuk berbuat curang. Sehingga, mereka menghalalkan segala cara untuk membuat produk yang sedap dan menarik tetapi tidak sehat. Adapula pedagang yang tetap berjualan dengan cara jujur, untuk mengatasi masalah harga bahan–bahan pokok yang meningkat, mereka hanya akan mengurangi porsi makanan dari sebelumnya.

Apa jajananmu sudah sehat? Untuk mengetahui ciri–ciri jajanan sehat dan tidak sehat sangatlah mudah contohnya :

  • Pada bagian luarnya tidak terlihat ada kotoran yang menempel
  • Disajikan dalam keadaan tertutup dan tidak rusak
  • Makanan dimasak dengan peralatan yang bersih dengan menggunakan air bersih
  • Makanan dimasak, disimpan atau disajikan di tempat yang jauh dari tempat pembuangan sampah, selokan, dan tepi jalan raya.

Dari hal di atas kita dapat memilih jajanan sehat dengan mudah.

Bagaimana, apa kalian sudah bisa memilih jajanan sehat?

Sebenarnya semua rasa jajanan itu sama, namun yang membedakan adalah bagaimana proses pembuatannya,  bahan yang digunakan dan harga yang cenderung lebih mahal untuk jajanan sehat. Jadi, pilihlah makanan atau jajanan yang sehat karena dari jajanan yang sehat akan menghasilkan pikiran yang segar serta badan yang sehat. Save outside Healthy Inside.

Related posts

Leave a Comment