SMARIFDA Goes To SMANUSA Gresik

SMARIFDA Goes To SMANUSA Gresik

Pada tanggal 25 April 2017, SMA Maarif NU Pandaan mengadakan studi banding ke SMA NU 1 Gresik. Sebanyak 60 orang yang terdiri dari guru dan karyawan bertandang dari Pandaan ke Gresik pada pukul 07.00 WIB.  Sesampainya di sana, Bapak/Ibu Guru SMARIFDA langsung disambut oleh tulisan yang menakjubkan, yaitu Gerbang Internasional. Selanjutnya, Bapak/Ibu Guru SMARIFDA diarahkan ke salah satu aula yang berada di lantai 3 untuk menerima penjelasan dari pihak SMANUSA.

Pada acara studi banding tersebut, Kepala Sekolah SMANUSA memberikan informasi tentang program-program yang dilaksanakan di sekolah tersebut. SMANUSA memiliki beragam program, seperti program untuk siswa, guru, dan sekolah. Semua program ini dirancang dan dikembangkan secara bertahap dari tahun 2010 hingga saat ini.

Program untuk siswa dikembangkan tidak hanya meliputi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler saja, tetapi menyangkut program pembiasan juga. Program pembiasaan ini dimulai sejak siswa datang ke sekolah yaitu harus bersalaman dengan setiap guru yang telah berjaga dalam beberapa titik. Kemudian, siswa masuk kelas pada pukul 06.35 WIB dan harus mengikuti khotmil quran yang didampingi wali kelas. Tepat pada pukul 06.45 WIB, barulah siswa memulai pelajaran pada hari itu.

Setiap siswa dibekali dengan sebuah kartu yang diperoleh dari hasil kerjasama dengan bank BTN dan SMANUSA. Kartu ini memiliki banyak fungsi yaitu presensi, pembelian , dan masuk perpustakaan. Nah, jika kartu ini sampai tertinggal di rumah, tentu saja siswa tidak dapat masuk sekolah dan tidak bisa membeli makanan di kantin maupun koperasi. So, kalau kartu ini memang tertinggal di rumah, mereka harus menelpon orang tua untuk mengantarkan kartu tersebut.

Sekolah ini juga menyediakan 41 ekstrakurikuler yang bisa dipilih siswa. Mulai dari ekstra seni, olahraga, olimpiade, hingga bela diri. Semua kegiatan ekstrakurikuler ini dilakukan setelah pulang sekolah yaitu pukul 15.00-22.00 WIB. Sekolah banyak mendatangkan pelatih dari luar dan menitipkan anak didiknya pada klub-klub yang ada di lingkungan Gresik untuk menunjang prestasi dan keterampilan siswa.

Tak hanya itu, sekolah ini juga merancang program untuk mengasah keterampilan siswa dalam bidang seni dan olahraga sejak masuk SMANUSA. Pada saat MOS, siswa harus mengikuti tes psikologi yang tidak hanya berguna untuk memilih jurusan, tetapi mengarahkan minat siswa dalam seni dan olahraga. Program inilah yang membuat SMANUSA selalu harum namanya dalam bidang seni dan olahraga dikancah nasional dan internasional.

Selama kurang lebih 2 jam menerima penjelasan dari Kepala Sekolah SMANUSA, Bapak/Ibu guru serta staf SMARIFDA tidak terlihat satu pun yang mengantuk. Semuanya terlihat begitu antusias mendengar penjelasan dari Kepala Sekolah SMANUSA yang sangat menarik. Kemudian, setelah penjelasan di aula tersebut selesai, barulah Bapak/Ibu Guru diarahkan untuk berkeliling sekolah melihat sarana dan prasarana yang ada di SMANUSA.

Pada pukul 13.30 WIB, Bapak/Ibu Guru SMARIFDA berpamitan pulang dan meningggalkan sekolah yang memiliki moto kerja “Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, Kerja Ikhlas, dan Jaringan Luas.” Tidak lupa, Bapak/Ibu Guru serta staf SMARIFDA mengucakan terima kasih kepada SMANUSA yang telah memberikan kesempatan untuk mengunjungi sekolah yang memiliki lebih dari 10 patnership dengan universitas dan sekolah di luar negeri.

By: Emy Zuroidah, S.Pd.

Related posts

Leave a Comment