Sang Merah Putih dan Kembarannya

Sang Merah Putih dan Kembarannya

Tahukah kalian bahwa Sang Saka Merah Putih memiliki kembaran? Apakah kalian pernah berpikir apakah ada bendera yang sama dengan bendera negara kita? Ternyata ada loh bendera yang sangat mirip dengan bendera kebanggaan kita. Bendera tersebut adalah bendera dari negara Monako.

Indonesia dan Monako memiliki warna bendera yang sama yaitu warna merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Bendera kedua negara ini hampir tidak bisa dibedakan. Tapi ini bukan berarti tidak ada perbedaan diantara keduanya. Hal yang membedakan dari bendera antar kedua negara ini adalah ukurannya.

Jadi Sang Saka Merah Putih memiliki skala ukuran 2 berbanding 3 (2:3) sedangkan kembarannya, alias bendera negara Monako memiliki skala ukiran 4 berbanding 5 (4:5).

Karena persamaan ini salah satu negara tetangga pernah mengolok-olok bendera kebanggaan kita yang dikira jiplakan dari bendera negara Monako. Memang benar Monako telah menggunakan bendera merah putih sejak tahun 1881, sedangkan kita baru menggunakannya sejak tahun 1945. Akan tetapi dari segi histori Sang Saka Merah Putih telah digunakan sejak jaman Kerajaan Majapahit.

By: Erlita Diah Salsahbila

Related posts

Leave a Comment