Resensi Film

Resensi Film 5 CM

Judul film      : 5cm

Sutradara     : Rizal Mantovani

Produser       : Sunil Soraya

Genre             : Drama

Pemeran       : Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Igor Saykoji, Pevita Pearce

Tanggal Rilis            : 12 Desember 2012

Bahasa           : Indonesia

Sinopsis:

Film 5cm ini menceritakan tentang persahabatan 5 orang yang bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Dimana mereka memiliki impian masing-masing. Lima sahabat ini menjalin persahabatan selama sepuluh tahun. Suatu ketika mereka jenuh akan aktivitas yang mereka lakukan bersama hingga mucul sebuah ide untuk tidak berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Ide tersebut pun disepakati. Selama tiga bulan berpisah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh rasa kangen pun akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.

Perubahan itu mulai dari pendidikan, karis, idealisme, dan tentunya love life. Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dan disanalah cerita bergulir, mereka pun akhirnya dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan sejak dulu

Setengah dari film 5cm bercerita tentang keseharian lima sahabat ini, dari sifat-sifat mereka yang berbeda satu sama lain sampai dengan perilaku dan aktifitas mereka yang penuh canda tawa dan diselingi cerita tentang permasalahan antar sahabat.

“…Biarkan keyakian kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu Cuma kaki yang akan berjauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari bisanya, leher yang akan sering melihat keatas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih kuat dari pada baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa…percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu.

Beberapa kalimat yang diucapkan oleh 5 sahabat tersebut sebelum melakukan pendakian

  • Taruh puncak itu di depan kita, dan jangan lepaskan !
  • Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh
  • dan tangan yang berbuat lebih banyak
  • Leher yang akan lebih sering melihat ke atas
  • Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya
  • Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja
  • Hati yang akan bekerja lebih keras
  • Serta mulut yang akan selalu berdoa
  • Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul, letakkan di depan kening kita,
  • Jangan menempel, biarkan menggantung 5 cm di depan kening,
  • Supaya tidak terlepas dari mata kita
  • Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalah ia hanya tinggal mempercayainya.

Tema:

Persahabatn lima anak muda yang mempunyai kekuatan dan keyakian yang mereka impikan.

Amanat:

Kita harus menanamkan keyakinan pada diri kita bahwa tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kecuali keyakinan yang menganggap diri kita untuk tidak bisa.

Kelebihan film:

Kelebihan film ini adalah ceritanya yang menarik, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan alur cerita yang tidak membosankan sehingga penonton ingin menyaksikan film ini hingga selesai.

Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi penonton agar bisa mengejar impian mereka dan membuat jadi nyata.

Kekurangan film:

Cerita akhir film ini terasa begitu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut ditambah dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat orang tuanya dan semuanya sebaya, seumuran.

Makna 5 cm:

Semua berawal dari mimpi. Mereka memilih menggantung mimpi 5cm di depan mereka. Tidak terlalu dekat, agar bisa terus dilihat, dan bisa dibawa kemanapun pergi.  5 cm adalah jarak yang cukup dekat apalagi jika berada di depan kening kita tentu kita akan selalu ingat dengan apa yang ada dihadapan kita persis.

By : Cici Dwi Utari

Related posts

Leave a Comment