Profil SMA MAARIF NU PANDAAN

PROFIL SMA MAARIF NU PANDAAN

Nama Sekolah            : SMA Maarif NU Pandaan

Alamat                        : Jl Raya A. Yani no. 92 Pandaan

Telpon/Kode Pos      : (0343) 632409/ 67156

NSS – NPSN                : 302051911004 – 20519288

Status                          : Akreditasi A

Email                           : smamaarifnupdn@gmail.com

Website                      : smarifda.sch.id

 

Dalam sejarah, sekolah ini dulunya didirikan oleh kalangan ulama’ (NU) Nahdhotul Ulama’ yang berasaskan Ahlussunnah Wal Jama’ah,  perkiraan tahun 1960-an dengan nama Pendidikan Guru Agama (PGA), maklum karena siswa-siswinya diharapkan mampu membumikan syariat islam yang didapatkan dari sekolah, yang mungkin hari ini mirip dengan madin (madrasah diniyah). Nama lengkapnya sekolah ini dulu Pendidikan Agama Islam Lengkap Nahdhotul Ulama’ (PGALNU), jelas karena sekolah ini berada diatap Nahdhotul Ulama’. Maksud kata “lengkap” disini adalah jenjang pendidikannya dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6, yang terdiri dari PGA 4 tahun (kelas 1 s/d kelas 4) dan dilanjutkan PGA 6 tahun (kelas 5 s/d kelas 6).

Dengan berjalannya waktu, wajah pendidikan menginginkan suatu perubahan yang spesifik, baik nama maupun proses pembelajaran lebih dari itu bahkan tujuan dari pembelajaran itu sendiri agar dapat bersaing dikanca dunia secara umum. Perubahan dilakukan Departemen Agama tahun 1980 pada semua lembaga pendidikan yang bernama PGA (dikelola lembaga swasta) agar berganti nama. Pendidikan Guru Agama yang mulanya 4 tahun berganti baju menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Pendidikan Guru Agama 6 tahun menjadi Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan saat ini SMA menjadi sekolah kita karena dulunya pada jenjang Pendidikan Guru Agama 6 tahun, dengan tambahan Maarif NU Pandaan dikarenakan tetap dalan naungan yayasan pendidikan Nahdotul Ulama’ dan bertempat di kecamatan Pandaan.

Kalau berbicara masalah sarana prasarana jelas akan nampak perbedaan yang signifikan dikarenakan pendidikan sekarang lebih maju yang mengedepankan system pelajaran yang berbasis ICT dalam penerapannya.

Akan tetapi nuansa keislaman masih tetap melekat, karena ini sebagai budaya/caracter dari SMA Maarif NU Pandaan yang didirikan oleh ulama’ yang berdedikasih tinggi dalam mendirikan sekolah ini untuk kemaslahatan umat.

Tolak ukur masyarakat Pandaan dan sekitarnya yang ingin mengantarkan putra/putrinya mendapatkan dua hal yang tidak terpisahkan pengetahuan agama dan umum, bahasanya   fi ad-dun yaa has anal wafil a-khiroti hasanah.

Bagi kita penerusnya, tinggal merawat dan menjaga secara harfi dan maknawi. Harfi artinya bangunan yang sudah ada kita jaga baik-baik, tanaman yang sudah menghijaukan sekolah kita lestarikan, sampah-sampah yang berserakan dibuang ditempatnya dan inventaris sekolah jangan terlukai karena kejahilan tangan kita, dan maknawi bermakna keharmonisan, kerukunan, kekeluargaan dalam menjalankan proses belajar mengajar antar siswa, guru, karyawan dan semua yang terlibat disekolah agar ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat untuk semuanya.

Demikian sekilas sejarah singkat SMA Maarif NU Pandaan yang saat ini menjadi salah satu unggulan sekolah disekitar masyarakat Pandaan yang bernuansa pesantren yang sesuai dengan keinginan wali murid yaitu menginginkan putra/putrinya menjadi manusia yang dapat menyeimbahkan antara sains tehnology dan IMTAQ dalam kehidupan sehari-hari.

Diantara ruang lingkup lingkungan SMA Maarif NU Pandaan Sebagai berikut :

  1. Tenaga Pengajar & Sistem Pembelajaran
  2. Tenaga pengajar/guru berlatar belakang sarjana strata satu (S 1) dan sarjana strata dua (S 2) dari disiplin ilmu yang berbeda, serta dibekali dengan sertifikat pendidik yang bercirikan guru yang professional dalam bidangnya.
  3. System pembelajaran yang diterapkan adalah system ICT (information, communication and technology) yang mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menyajikan dan menyampaikan data menjadi informasi. Sehingga diharapkan siswa-siswi tidak gaptek (gagap tehnologi) dalam menghadapi era globalisasi yang serba IT, serta dapat bersaing yang sehat dalam meraih prestasi.

 

 

 

 

 

 

  1. Sarana Pendukung

Diantara sarana pendukung dalam proses belajar di sekolah sehingga mendapatkan pengetahuan maksimal teoritis maupun praktis, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Gedung I (Belakang/Putih) berlantai dua memiliki 12 ruang kelas aktif, Gedung II (Depan/Hijau) memiliki 13 ruang kelas aktif dan Gedung III (Depan/Pink) memiliki 5 ruang kelas aktif milik sendiri.
  2. Perpustakaan “Al Hikmah”
  3. Studio musik dan recording
  4. Laboratorium multimedia memiliki tiga ruang ( CBT )
  5. Laboratorium 4 (Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi,  dan Bahasa )
  6. Ruang Kelompok Karya Ilmiah (KIR)
  7. Ruang Ketrampilan (Tata boga, electro)
  8. Ruang Pusat Sumber Belajar (PSB)
  9. Ruang kegiatan keagamaan
  10. Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS)
  11. Ruang Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
  12. Hotspot area (internet access)
  13. Lapangan Olahraga (volley, basket dan futsal)
  14. Bengkel praktek (TKJ, RPL)
  15. Prangkat LCD pada tiap ruang kelas
  16. Kegiatan Ekstrakulikuler

Adalah bagian dari life skill mengembangkan potensi minat bakat siswa-siswi dalam meraih prestasi ditingkat lokal, kabupaten, provinsi, bahkan tingkat Nasional.  dan diantara  ekstrakulikuler yang dikembangkan antara lain :

  1. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  2. Seni music , Seni Al- banjari modern/klasik, dan Seni baca Al Qur’an (Qiro’ah)
  3. Olah Raga ( Sepak Bola, Bola Volli, Futsal, dan bola Basket )
  4. Bela diri (Pagar Nusa, Kempo, dan Wushu)
  5. Paduan Suara
  6. Akutansi
  7. English Club
  8. Elektronika
  9. Tata boga
  10. Pramuka, dan Budidaya jamur
  11. Kegiatan LPK ( Lembaga Latihan Kerja )

Dalam rangka memberi bekal life skill sesuai potensi bakat, minat  kepada siswa – siswi SMA Maarif NU Pandaan Menyelenggarakan berbagai Latihan Kerja ( LPK ) yang kerjasama dengan Disnaker Kabupaten Pasuruan sebagai wadah kretifitas, keterampilan bakat dan minat siswa-siswi dalam mengembangkan potensi di masyarakat. Adapun kegiatan Latihan Kerja yang disajikan adalah :

  1. Bahasa Jepang
  2. Bahasa Inggris
  3. Akuntasi
  4. Tata Rias
  5. Tata Boga
  6. Multimedia
  7. Office Terapan
  8. Taknik Komputer dan Jaringan ( TKJ )
  9. Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )
  10. Desain Grafis
  11. Otomotif

Demikian Profil singkat kegiatan di SMA Maarif NU Pandaan, semoga membawa ilmu yang bermanfaat dunia dan akhirat.

Related posts

Leave a Comment