Pelaksanaan UNBK di SMA MAARIF NU PANDAAN Tahun 2017

 Pelaksanaan UNBK di SMA Maarif NU Pandaan Tahun 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media dalam pengerjaan ujian. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian atau hasil jawaban siswa dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sendiri dilaksanakan di SMA Maarif NU Pandaan mulai tahun 2016 dan tahun 2017 ini adalah tahun kedua sekolah melaksanakan UNBK

Tidak semua sekolah bisa melaksanakan/mengikuti UNBK, karena sekolah yang melaksanakan UNBK harus memiliki persyaratn tertentu diantaranya :

  1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi)
  2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spisifikasi sebagai berikut :
  3. Server (utama dan cadangan) :
  • PC/tower/desktop (bukan laptop)
  • Proessor xeon atau i5
  • RAM 8 GB, DDR 3
  • Hardisk 250 GB
  • Operating system : Windows Server/Windows 8/Windows 7 (64 bit)
  • Virtual Box3.16
  • Port 80 di server dapat diakses oleh komputer peserta (client)
  • UPS
  • Jumlah server minimal mengikuti rasio 1 : 40 (1 server untu 40 client) dan cadangan minimal 1 server
  1. Client (utama dan cadangan) :
  • PC/laptop
  • Monitor 12 inch
  • Processor dual core
  • RAM 512 MB
  • Operating system : Windows XP/Windows 8/Windows 7
  • Web Browser : chrome/Mozilla firefox/xambro
  • Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 (1 client 3 peserta) dan cadangan minimal 10 %
  1. Jaringan internet dengan bandwidth minimal 1 Mbps
  2. Jaringan area local (Local Area Network-LAN)

Tahun 2015 saat SMA Maarif terpilih menjadi salah satu sekolah swasta yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), seluruh warga sekolah terutama yang berkompeten di bidang ICT mulai berbenah diri, menyiapkan segala infrastruktur yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan UNBK. Kegiatan perdana yang dilaksanakan yang merupakan rangkaian pra UNBK adalah pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal dimana kelas XII untuk mata pelajaran Ujian Nasional menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) dengan tujuan supaya anak-anak terlatih dan terbiasa menggunakan aplikasi ujian online.

Dilanjutkan tahun 2016 dimana instruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional serentak akan dilaksanakan secara CBT (UNBK). Ada beberapa sekolah yang memang terkesan belum siap untuk melaksanakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) karena memang persiapan untuk melaksanakan UNBK ini harus ekstra terutama dalam hal pemenuhan fasilitas dan harus memenuhi syarat-syarat sebagai sekolah pelaksana UNBK yang telah ditetapkan KEMDIKBUD.

Setiap siswa, pasti ingin meraih nilai tertinggi / nilai 10. Maka mereka harus melakukan persiapan dari sekarang. Mengapa harus melakukan persiapan? Karena persiapan adalah kunci utama dalam pencapaian kesuksesan disamping itu banyak juga faktor lain yang menentukan kesuksesan. Jika ingin nilai yang baik, kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Berikut cara sukses meraih nilai yang baik / tertinggi:

  1. Berdo’a, berdo’a dan berdo’a karen do’a adalah segala-galanya, permohonan tertinggi seorang hamba kepada Sang Maha Pencipta supaya keinginannya dikabulkan, tetapi jangan lupa karena berdo’a saja tanpa berusaha nol hasilnya, jadi teruslah berusahan dan jangan lupa berdo’a, seperti kata pepatah “ora et labora”
  2. Belajarlah karena sesungguhnya belajar adalah sebagian dari usaha untuk menuju kesuksesan. Tentu saja karena momen pentingnya ada di penghujung kegiatan belajar mengajar selama 3 tahun yaitu Ujian Nasional, maka pelajarilah kisi-kisi Ujian Nasional tentu saja kisi-kisi terbaru yang sudah disempurnakan/revisi dari kisi-kisi tahun sebelumnya
  3. Buatlah ringkasan materi dan pahamilah ringkasan itu sesuai dengan mata pelajarannya, terutama untuk mata pelajaran eksakta yang menggunakan banyak rumus ada baiknya membuat ringkasan rumus-rumus penting sehingga ringkasan itu bisa dibawa kemana-mana untuk dihafalkan
  4. Berlatihan soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya, karena tidak sedikit soal-soal tahun sebelumnya yang dikeluarkan lagi saat ujian tahun ini (yang sedang berlangsung)
  5. Cobalah membuat prediksi kemungkinan soal-soal yang keluar tahun ini, petakanlah sesuai dengan kisi-kisi yang sudah ada
  6. Kemudian cobalah membuat target, misalnya dalam 1 hari bisa menyelesaikan 10 soal Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris.

Harapan banyak pihak tentunya kedepan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini akan lebih baik pelaksanaannya baik dari segi penyediaan infrastruktur untuk semua Lembaga Pendidikan maupun dari segi pelayanan yang berkaitan dengan pengaduan-pengaduan Tim UNBK Sekolah (Proktor dan Teknisi) semoga semuanya akan menjadi lebih baik. Dan yang paling utama tentunya seluruh siswa yang mengikuti UNBK akan mendapatkan nilai yang memuaskan  dengan tidak adanya mata pelajaran yang merndapat nilai berpredikat “Kurang” dan harapannya seluruh mata pelajaran akan mendapatkan nilai berpredikat “Baik” bahkan “Sangat Baik”.

By: Arini Hidayati, S.Pd.

Related posts

Leave a Comment