Klinik Rohani Maulid Nabi Muhammad SAW

KLINIK ROHANI

MAULID NABI MUHAMAD SAW

Pentingnya memperingati maulid Nabi Muhammad SAW

Memperingati maulid Nabi adalah ungkapan kecintaan dan kesyukuran atas kehadiran beliau di muka bumi ini serta menghidayahi umat manusia dan menyelamatkan dari lembah kesesatan. Biasanya orang merayakan hari tersebut dengan membaca Sholawat Nabi dan senantiasamembawa makanan nasi atau buah-buahan.Warga muslim juga biasanya berpuasa senin dan kamis. Puasa ini dilakukan orang muslim untuk memperingati hari lahirnnya Nabi Muhammad SAW, karena hari lahir Nabi Muhammad yakni pada hari senin tanggal 11 Robi’ul Awal tahun Gajah.

 

Bukan hanya dikalangan masyarakat yang senantiasa memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW disekolah SMA MAARIF NU PANDAAN juga memperingati kelahiran Nabi Muhammad yang kini telah menjadi tradisi dan dilakukan setiap tahunnya. Jika bagi orang muslim sebelum Maulid Nabi mereka berpuasa, sedangkan di SMA MAARIF NU PANDAAN mengadakan berbagai kegiatan.

 

Jauh-jauh hari sebelum tanggal diadakannya Maulid Nabi para guru dan siswa-siswi di SMA MAARIF telah mempersiapkan lomba-lomba dan kegiatan yang diikuti seluruh siswa SMA MAARIF tanpa terkecuali. Kegiatan tersebut seperti lomba tartil, lomba kaligrafi, lomba poster, dan lomba tumpeng yang diadakan antar kelas.

 

Lomba kaligrafi, poster, dan tartil biasanya diadakan satu hari sebelum Maulid Nabi dilaksanakan. Sedangkan lomba yang ditunggu-tunggu siswa-siswi SMA MAARIF adalah lomba tumpeng. Lomba tumpeng yakni kegiatan yang tidak bisa dilupakan dikalangan warga SMA MAARIF karena menurut mereka lomba ini dapat meningkatkan kreativitas dan motorik siswa-siswi. Oleh karena itu, setiap kelas wajib mengikuti lomba tumpeng tersebut.

 

Pembukaan acara Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya diisi dengan berbagai sambutan yang religi yaitu Qira’ah dan Al-Banjari yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA MAARIF NU PANDAAN kemudian dilanjutkan membaca Sholawat Nabi. Acara ini dilaksanakan dengan meriah seperti adanya kelompok-kelompok Al-Banjari SMA MAARIF NU PANDAAN. Sambil menunggu kegiatan lomba tumpeng  para siswa menikmati Sholawat Nabi terlebih dahulu.

 

Di saat waktunya tiba hal-hal yang paling dinanti-nanti oleh siswa SMA MAARIF NU PANDAAN yakni makan bersama setelah lomba tumpeng di adakan. Biasanya tumpeng yang telah siswa hias dan dinilai oleh juri. Para siswa setiap kelas menikmati tumpeng mereka masing-masing sambil mendengarkan pengumuman pemenang lomba-lomba yang di adakan kemarin lusannya. Jika dari team mereka ada yang menang maka dari kelas tersebutlah yang paling meriah dari kalangan kelas lainnya.

 

Hukum maulid Nabi Muhammad SAW

            Meskipun kaum umat islam secara resmi memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang ditetapkan sebagai hari besar keagamaan, kita tidak bisa memungkiri keberadaan umat islam yang enggan untuk turut memeperingatinya. Sebab keenggana mereka dikhawatirkan bahwa perbuatan tersebut terkatekorikan bid’ah yang dilarang islam. Tentu pendapat tersebut patut dihargai, bukan dijadikan dalih untuk bermusuhan dan berpecah belah. Dari pendapat dua ulama besar islam, Syaikh Ibnu Hajar al Atsqalani dan Imam Jalaludin as-Suyuti meskipun menyebut peringatan Maulid Nabi sebagai amalan bid’ahnamun tidak mengkategorikannya sebagai bid’ah yang terlarang melainkan bid’ah hasanah (inovasi yang baik). Keduanya mengatakan bahwa status hukum maulid Nabi adalah bid’ah mahmudah (bid’ah terpuji)

 

Makna maulid nabi

            Umat islam indenosia memperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awwal sebagai momen spiritual yang bertujuan untuk mentasbihkan Baginda Rasulullah SAW sebagai figur tunggal, merupakan suri tauladan yang mampu mengisi hati, pikiran dan pandangan hidup kita.Selain sebagai salah satu ungkapan rasa syukur kita atas kelahiran Baginda Rasulullah Muhammad SAW kita juga dapat mengukuhkan sebuah komitmen loyalitas cinta kita kepada beliau.

 

Hikmah Maulid Nabi

  1. Mampu mendorong umat untuk membaca sholawat Nabi, dan sholawat Nabi tersebut telah diperintahkan oleh Allah SWT
  2. Sebagai ungkapan rasa gembira dan kesenangan kita dengan Baginda Rasulullah SAW
  3. Meneguhkan kembali kecintaan kita kepada Baginda Muhammad SAW

 

Tujuan maulid Nabi Muhammad SAW

Maulid Nabi sangatlah dibutuhkan umat muslim akhir-akhir ini, sebagai momentum untuk membincangkan keagungan dan kemuliaan akhlak Rasulullah kepada setiap umat muslim. Selain itu umat muslim juga dapat mengetahui Keistimewaan, mukjizat dan sirah Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam. Kita pun diperintahkan untuk melakukan hal-hal tadi dalam meneladani perbuatan-perbuatan beliau yang senantiasa tidak melanggar apa yang di perintahkan oleh Allah SWT.

 

Manfaat dari peringatan Maulid Nabi

  • Dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah.
  • Mengahdirkan kembali nilai keteladanan melalui pembacaan dan perenungan terhadap sirah nabi.
  • Mengikis pengaruh gaya hidup konsumutif, hidonis dan materalistik.
  • Memumpuk rasa kebersamaan, solidaritas dan kesatuan umat.
  • Meningkatkan sumber toleransi dan daya juang umat.

Simpulan

            Perbedaan pandangan sudah pasti ada dan tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu sebagai bagian dari umat islam apabila kita berada di salah satu pihak dari dua pendapat yang berbeda, kalau pun kita mendukung salah satunya tentu saja bukan pada tempatnya untuk menjadikan perbedaan pandangan ini sebagai bahan baku saling menjelekkan dan bukanlah waktu yang tepat bila kita saling bertarung dengan sesama saudara kita sendiri. Sebaliknya kita harus saling membela, menguatkan, membantu dan mengisi kekurangan masing-masing.

Related posts

Leave a Comment