Kegiatan Sabtu Sehat & Bersih Adiwiyata SMA MAARIF NU PANDAAN

Inilah Kegiatan Sabtu Sehat dan Bersih Adiwiyata SMARIFDA

(SSB SMARIFDA)

Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma – norma dalam berperikehidupan yang antara lain meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Dalam rangka mendukung program adiwiyata SMA Maarif NU Pandaan, dibentuk 12 kelompok kerja (pokja). Pokja tersebut salah satunya adalah Pokja Kesehatan”

Khusus di hari Sabtu SMA Maarif NU Pandaan  memiliki kegiatan yang lebih relax namun tetap kaya akan manfaat dan mendidik. Kegiatan di Sabtu pagi dimulai sejak pukul 05.45 WIB dengan melaksanakan senam yang merupakan rutinitas yang wajib diikuti oleh seluruh siswa SMA Maarif NU Pandaan secara bergiliran serta bapak/ibu guru dan karyawan dengan dipandu Instruktur senam. “Mensana Incorpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” kutip dari sebuah kata-kata yang populer di masyarakat.
Kegiatan ini membantu menyegarkan otak. Gerakan senam yang dinamis membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan aliran oksigen juga menjadi lebih cepat. Hal ini dapat membantu pikiran siswa menjadi tenang dan santai sehingga siswa lebih siap menyerap ilmu di sekolah setelah akhir pekan berakhir”

Tidak berhenti sampai disitu, kegiatan gotong royong “ sabtu bersih” yang dilaksanakan di lingkungan sekolah merupakan wujud dari peduli lingkungan serta berpartisipasi dalam menjaga kebersihan. Kegiatan ini adalah rutinitas mingguan yang terintegrasi dengan pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan gotong – royong ini mencakup membersihan kelas, kantor guru, Ruangan TU, kamar mandi siswa dan guru, membersihkan halaman, membersihkan saluran air yang tersumbat membersihkan areal sekitar taman, membersihkan seluruh sarana dan pra sarana di lingkungan sekolah. Kegiatan ini di bawah bimbingan guru-guru yang terkait dengan kegiatan Adiwiyata. Kegiatan sabtu bersih ini wajib diikuti siswa guna menumbuhkan kecintaan dan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan hidup. Kegiatan sabtu bersih sebagai wujud pengimplementasian dan peran serta warga sekolah dalam mewujudkan sekolah adiwiyata SMA Maarif NU Pandaan.

Itulah keanekaragaman kegiatan siswa SMARIFDA  di hari sabtu, sesuai dengan tujuan Adiwiyata  yang telah dicanangkan pemerintah. Kami berkewajiban memberikan ruang gerak kepada siswa didik.

Oleh : Yustina Rahmah, S. Pd.

Related posts

Leave a Comment