Jelajah Kampus UM & UIN Malang

JELAJAH KAMPUS UM & UIN MALANG

Studi kampus merupakan program yang kali pertama dilaksanakan di SMA Maarif NU Pandaan  pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2017. Program ini dilatar belakangi untuk meningkatkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus, mengetahui informasi tentang fakultas dan jurusan, serta jadwal dan tata cara pendaftaran. Siswa-siswi yang menjadi sasaran adalah kelas 12 yang tidak lama lagi mereka akan lulus dari SMA dan bisa menentukan tempat kuliah yang akan dipilih.

Di tahun pertama program ini, SMA Maarif NU Pandaan  memilih Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN) sebagai tujuan. Kedua universitas tersebut dijadikan rujukan dengan alasan karena termasuk PTN ternama di Jawa Timur dan  tiap tahun siswa-siswi banyak yang berminat mendaftar serta sudah banyak alumni yang melanjutkan di Universitas tersebut.

Pelaksanaan studi kampus ke Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang diikuti sebanyak 233 siswa (IPA dan IPS) didampingi Bapak/Ibu Wali kelas. Dengan mengendarai 2 bus, rombongan berangkat dari SMA Maarif NU Pandaan  pukul 07.00 WIB. Kemudian sampai di Universitas Negeri Malang pukul 08.30 WIB. Sebelum acara  di Aula gedung H dimulai pada pukul 10.00 WIB. Siswa-siswi berkeliling melihat suasana perkuliahan di Universitas Negeri Malang.

Presentasi dari pihak Humas Universitas Negeri Malang berlangsung pada pukul 10.00 tepat dengan memnyampaikan beberapa informasi tentang fakultas, jurusan, daya tampung serta passing grade di masing-masing program studi, dan jalur masuk ke Universitas tersebut. Presentasi diakhiri dengan tanya jawab & kuis sebagai pencair suasana, semakin seru pada saat dua siswa perwakilan maju untuk menyanyikan yel-yel SMA Maarif NU Pandaan. Hadir pula Alumni SMA Maarif NU Pandaan yang saat itu menjalani studi di UM jurusan pendidikan bahasa indonesia.

 

Acara berakhir pada pukul 11.30 WIB. Kegiatan dilanjutkan beristirahat dan makan siang selama 30 menit. Selepas itu, perjalanan kemudian ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang sampai pukul 12.30, siswa siswi beserta pembina shalat dhuhur terlebih dahulu di masjid UIN Malang.

Presentasi di UIN Malang dimulai pukul 13.30 sampai 14.30, acara hampir sama dengan di UM, pengenalan fakultas, jurusan, dan jalur masuk. Pembedanya adalah pengenalan dunia kampus UIN Malang yang wajib tinggal di Ma’had selama 1 tahun. Sesi akhir diagendakan untuk melihat-lihat keliling ma’had yang akan dipandu oleh alumni SMA Maarif NU Pandaan yang kuliah di jurusan Biologi UIN Malang, tetapi karena cuaca sedang hujan deras sehingga tidak memungkinkan siswa-siswi untuk berkeliling.

Waktu Ashar pun tiba, rombongan studi kampus sholat di Masjid UIN malang, perjalanan dilanjutkan menuju Malang Town Square untuk melepaskan penat sebelum kembali menjalani kegiatan rutin dan fokus untuk belajar esok hari. Rombongan sampai kembali di SMA Maarif NU Pandaan  dengan selamat pada pukul 19.00 WIB . Semoga kegiatan studi kampus ini menjadi motivasi siswa siswi untuk melanjutkan studinya dan dapat memberikan informasi yang lebih banyak lagi untuk siswa siswi dan pihak sekolah, serta terus menjaga kerjasama antara Universitas dengan Pihak sekolah. Semoga  kegiatan studi kampus ini bisa terlaksana lebih baik lagi.

By: Heni Achdiyah, S.Psi.

Related posts

Leave a Comment