Hacker Facebook Makin Canggih

Hacker Facebook Makin Canggih

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Dengan kepopuleran Facebook saat ini, ternyata tidak luput dari kerentanan pada situsnya, tim Facebook  menemukan serangan dari peretas pada tanggal (26/09). Peretas melakukan pencurian akses token dari 50 juta pengguna Facebook,  Facebook tidak mau mengambil resiko, tim Facebook me-log out semua pengguna Facebook  pada tanggal (28/09) untuk menghindari resiko yang dilakukan peretas.

Keputusan yang di ambil oleh tim Facebook sangatlah tepat, dengan me-log out semua pengguna Facebook untuk menghindari kebocoran data. Indonesia salah satunya yang menjadi korban kebocoran data dari 1 juta pengguna Facebook Indonesia. Jika tidak segera diatasi kemungkinan Facebook  akan terancam ditutup lagi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang pernah terjadi pada april 2018 lalu.

Setelah pengguna login kembali, pengguna mendapatkan notifikasi security update. Tim Facebook  masih belum mengungkapkan kerentanan pada situsnya, tetapi Facebook menambal fitur view as fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari tahu apa yang akan dilihat pengguna Facebook lainnya jika mereka mengunjungi profil kita.

sumber foto: https://newsroom.fb.com/news/2018/09/security-update/

sumber gambar: tehackernews.com

Menurut tim Facebook, kerentanan itu membuat peretas bisa mencuri akses token lebih dari 50 juta pengguna Facebook yang memungkinkan peretas bisa mengakses secara langsung informasi pribadi pengguna Facebook tanpa mengetahui kata sandi dan memvalidasi otentikasi dua faktor.

Karena penyelidikan masih dalam tahap awal, Facebook belum menentukan apakah penyerang menyalahgunakan akses token yang dicuri dari 50 juta akun atau jika ada informasi sensitif yang diakses. Pihak  Facebook  juga menghubungi FBI dengan adanya masalah peretasan tersebut.

Serangan ini sangat merugikan beberapa pengguna Facebook yang lupa kata sandi mereka, karena setelah di log out massal, kebanyakan yang lupa kata sandi kesusahan untuk login dan mungkin memutuskan membuat akun Facebook baru / berhenti menggunakan sosmed raksasa itu.

Oleh karena itu, sekarang kita harus menjaga akses token yang kita miliki, kebanyakan orang orang awam menggunakan akses token untuk bot like atau bot komentar Facebook di situs situs penyedia bot like atau bot komentar. Dan kita harus mengingat kata sandi bila perlu dicatat untuk menjaga akun kita jika Facebook sewaktu waktu terkena serangan kembali.

(dewa/jemari)

Related posts

Leave a Comment