Cerdas Hadapi Berita Hoax yang Menggurita

Cerdas Hadapi Berita Hoax yang Menggurita

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini masyarakat tidak perlu bersusah payah untuk memeroleh informasi terbaru. Cukup menjentikkan jari saja, semua orang sudah bisa mengakses berita terbaru setiap detiknya yang terjadi di nusantara maupun dunia. Masyarakat pun bisa menggunakan beragam portal berita maupun media sosial untuk mengakses berita terbaru ini.

Namun, kemudahan mengakses informasi ini dimanfaatkan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong atau hoax. Tidak sedikit masyarakat yang terprovokasi dengan adanya berita yang tidak benar ini. Oleh karena itu, generasi muda saat ini harus dibekali pemahaman agar tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax yang mudah tersebar luas. Yuk, simak cara cerdas menghadapi berita hoax seperti berikut ini:

Waspada Judul Provokatif

Judul berita tentunya menjadi hal utama yang akan dibaca oleh pembaca cerita. Berita hoax biasanya menggunakan judul provokatif yang menudingkan masalah pada seseorang maupun organisasi tertentu. Isi berita yang disajikan bisa diambil dari situs berita resmi. Namun, kebenaran berita hasil copy-paste ini bisa diubah sesuai dengan tujuan dari pembuat hoax.

Perhatikan Alamat Situs Pemuat Berita

Berita yang dimuat pada media sosial biasanya mencantumkan URL atau link berita. Nah, pembaca harus mencermati situs pembuat berita untuk mewaspadai apakah berita yang dibuat benar atau tidak. Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43 ribu situs yang mengklaim sebagai portal berita. Namun, dari jumlah sekian banyak tersebut hanyak tercatat 300 situs saja yang tergolong portal berita resmi. So, sisanya bisa jadi berpotensi menyebarkan berita hoax.

 

Cari Informasi Asal Berita

Jika membacanya berasal dari situs resmi pemerintah maupun swasta pembuat berita, tentu saja kebenaran informasinya bisa dipertanggungjawabkan kepada Dewan Pers. Namun, jika berita dimuat oleh situs tidak resmi, tentu saja kita harus tahu asal berita tersebut dengan cara mengecek kebenaran fakta yang dimuat atau membaca berita yang sama pada situs resmi.

Salah satu upaya yang sekarang gencar dilakukan untuk melawan hoax ini adalah Deklarasi Antihoax. SMA Maarif NU Pandaan yang merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan juga tidak ketinggalan dengan aksi tersebut. Pihak Polsek Pandaan bekerjasama dengan SMARIFDA mengadakan acara Deklarasi Antihoax yang ditandatangi oleh Bapak/Ibu Guru dan siswa. Yuk, cerdas baca berita!

By: EZ

Related posts

Leave a Comment