Benarkah Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar Pertama?

Benarkah Thomas Alva Edison Penemu Bola Lampu Pijar Pertama?

Pada tahun 1860, Joseph Wilson Swan menggunakan kertas karbon sebagai filamen dalam percobaan bola lampumya, level hampa udara (vacuum level) yang rendah dan keterbatasan sumber tenaga menjauhkan swan dari keputusan dari kesuksesan untuk percobaanya. Selanjutya, pada tahun 1880, Swan menggelar pasar malam perdagangan internasional pertama lampu lampu listrik di Newcastle, inggris, tetapi lampu yang ditemukan oleh Swan belum sempurna.

Saat itulah Thomas Alva Edison yang telah melakukan ribuan percobaan muncul. Edison memilih material-material yang lebih cocok untuk filamen dan mengembangkan konstruksi bola lampu pijar. Tidak seperti Swan, Edison lebih memiliki tujuan tertentu dan terus menerus pada pencapaian prestasi sebagai goalnya, dan mencari keuntungan komersial dai implementasi bola lampu temuannya. Hal inilah yang menjadikan masyarakat berfikir bahwa penemu bola lampu pijar pertama kali adalah Thomas Alva Edison.

Ada banyak penemuan Edison selama tahun 1883, di antaranya yang terpopuler adalah “Efek Edison” dan itu menjadi dasar dari seluruh teknik radio modern. Edison mengungkapkan bahwa jikka sebuah plat metal diletakkan dekat filamen dan dihubungkan ke terminal positif baterai, arus listrik akan mengalir antara filamen dan plat itu.

Pada tahun 1904, masih berdasar pada efek edison fisikiawan Inggris bernama John Ambrose Fleming mendesain dan mematenkan lampu radio pertama di dunia yang di sebut “Radio Valve” yang di desain untuk konversi arus bolak balik ke arus searah untuk mendeteksi sinyal radio. Akan tetapi penemuan flemming ini kemudian menjadi dasar kontruksi dan sebuah lampu pijar.

Jadi, menurutmu siapakah penemu pertama bola lampu pijar sebenarnya?

                                                                                                                                                 By:Dinajener

Related posts

Leave a Comment