7 Cara Ampuh Mengatasi Depresi

7 Cara Ampuh Mengatasi Depresi

Waspadalah pada gejala depresi agar bisa ditangani sejak dini. Seseorang pernah berkata “Orang yang mengaku depresi biasanya hanya berpura-pura. Mereka yang tak bicaralah yang perlu dikhawatirkan”. Karl Mercer pernah membagi kisah depresinya di Buzzfeed. Ia memilih berbohong daripada berkata jujur pada rekan kerja, bahkan sahabatnya. Ia kuatir pengakuannya akan menyebabkan orang mencibir. Ia takut orang akan menghakiminya atas ‘penyakit’ tersebut. Stigma penyakit mental tidak hanya datang dari orang sehat. Karena itu, ketika orang depresi menyembunyikan penderitaannya karena malu, menurut Mercer, kita bisa dikatakan ikut bersalah.

Lebih dari 340 juta orang di seluruh dunia menderita karena depresi. Mengatasi Depresi sama seperti gejala yang mengindikasikan gangguan kecemasan, gejala depresi cenderung lebih lamban terdeteksi. Namun sebenarnya banyak cara mudah mengatasinya. Berikut cara untuk mengatasi depresi seperti dilansir Elite Daily dari Little Things.

  1. Meditasi

Menurut Dr. Elizabeth Hoge, meditasi mindful dapat mengatasi kecemasan dan gangguan suasana hati lain secara efektif. Untuk menghilangkan stres yang muncul sehari-hari, sisihkan 30 menit setiap hari dan cari tempat tenang. Matikan gawai dan pejamkan mata. Atur nafas dan fokus, jangan memikirkan apapun. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, segera usir dan kembali fokus. Anda juga bisa mencoba fokus pada satu kata atau bayangkan diri sedang berada di suatu tempat damai.

  1. Tambah asupan vitamin B

Vitamin B-12 dan vitamin B membantu produksi senyawa kimia dalam otak yang memengaruhi suasana hati. Kurang asupan vitamin B kerap kali dihubungkan dengan depresi. Anda dapat minum suplemen, namun alternatif yang sehat adalah menambah makanan kaya vitamin B, yaitu ikan salmon, keju Swiss, bayam, paprika, kerang, daging, telur, dan susu rendah lemak. Sementara asupan vitamin B perlu ditingkatkan, kafein perlu dikurangi. Ini karena pada beberapa orang, kafein dapat memicu masalah tidur dan memengaruhi suasana hati.

  1. Tetapkan tujuan

Orang yang depresi dapat merasakan berbagai emosi dan sensasi. Namun yang paling sering mereka rasakan dan terus berkembang biasanya perasaan sedih, cemas, hampa, dan rasa bersalah. Sering kali mereka merasa tak bisa berbuat apa-apa atas perasaan tersebut. Untuk mengusir rasa itu, Anda dapat mencoba menetapkan tujuan harian untuk diri sendiri. Perlahan, Anda dapat merasa bahagia atas pencapaian yang Anda buat. Lama kelamaan Anda siap menantang diri dengan tujuan yang lebih sulit.

  1. Jadwal tidur rutin

Depresi dapat membuat Anda sulit tidur. Kalau pun tidur, kualitasnya mungkin tak sebaik mereka yang tak depresi. Padahal, jika kurang tidur gejala depresi dapat memburuk dan menguasai isi pikiran. Sebaiknya Anda mulai membuat perubahan gaya hidup. Tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun di waktu yang sama. Coba juga untuk meluangkan waktu tidur siang.

  1. Coba hal baru

Penting bagi kita untuk mencoba hal baru dan berbeda. Mencoba hal baru mengubah kadar dopamin yang berhubungan dengan kenikmatan dan pembelajaran. Pergi ketempat baru, belajar bahasa baru, baca buku baru, dan hal lain yang sudah lama ingin Anda coba.

  1. Bicara pada orang yang Anda percaya

Mengutarakan isi pikiran dan apa yang sedang terjadi dalam hidup lalu mendapatkan respon dapat membantu Anda melihat banyak hal dari perspektif berbeda. Membicarakan apa yang Anda rasa juga dapat memberi solusi. Namun yang terpenting, Anda mendapat dukungan emosional dari orang lain. Bagi mereka yang introvert, membuka diri bisa jadi canggung di awal. Namun jangan biarkan perasaan itu menguasai diri. Bukalah diri untuk mendapat masukan, saran, dan bantuan dari orang lain.

  1. Olahraga ringan

Aerobik simpel, jalan pagi atau peregangan ringan dapat membantu mengatasi gejala depresi. Olahraga memicu produksi endorphine, juga memicu otak untuk berpikir lebih positif. Riset juga membuktikan, dengan berolahraga Anda kembali memperoleh rasa percaya diri.

 

Source : https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/7-cara-mengatasi-depresi/ (dengan beberapa perubahan)

By : Nofa Ayu Prihastuti

 

Related posts

Leave a Comment