5 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

5 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mata

Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Merawat kesehatan mata sangatlah penting, karena mata yang sehat dapat melihat dengan maksimal. Miopi adalah salah satu dari penyakit mata yang banyak dialami oleh kalangan remaja. Tidak perlu khawatir untuk menjaga kesehatan mata kita. Berikut adalah cara jitu untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Perhatikan jarak membaca buku atau melihat layar PC, laptop dan HP.

Kebanyakan dari remaja yang rata-rata adalah pelajar, sering membaca buku dengan jarak yang sangat dekat. Padahal jarak membaca yang dianjurkan kurang lebih 30 cm dari mata ke buku. Ini bertujuan, agar retina yang ada pada mata tidak membiasakan untuk memipih. Jika kurang dari 30 cm dapat menyebabkan miopi yang mengharuskan memakai kacamata.

Di usia remaja, mata mempunyai ketajaman yang lebih. Apabila sudah berumur diatas 20 tahun, ketajaman mata kita akan berkurang. Maka seiring bertambahnya usia, jarak pandang kita akan menurun. Mari kita jaga kesehatan mata kita agar dapat menikmati mata yang sehat dari usia remaja.

  1. Hindari memakai lensa kontak dan kacamata lebih dari 19 jam.

Beberapa tahun belakangan ini, memakai lensa kontak menjadi Trend bagi kaum remaja. Lensa kontak lebih digandrungi oleh remaja, karena penggunaannya yang praktis. Tapi, tahukah kalian kenapa tidak dianjurkan untuk menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam? Karena lensa kontak seringkali membuat mata kering, sehingga memakainya terlalu lama dapat memicu terjadinya kebutaan.

Tidak hanya pemakaian kontak lensa, tetapi pemakaian kacamata dengan jangka waktu yang lama juga tidak dianjurkan. Walaupun kacamata adalah alat bantu penglihatan, akan tetapi mata menjadi bekerja lebih keras untuk melihat. Apabila mata sudah merasa lelah dan rasa pedas, dianjurkan untuk melepas kacamata. Sesekali lihatlah tanaman hijau untuk mengurangi rasa lelah pada mata.

  1. Istirahatkan mata.

Para pekerja kantoran, mungkin melihat layar komputer atau laptop selama sehari penuh. Hal ini, dapat membuat mata lelah. jika telah merasakan hal tersebut, istirahatkan mata barang sejenak. Ini memberikan kesempatan pada mata untuk melihat sesuatu selain layar komputer. Istirahatkan mata minimal 30 menit.

  1. Beri makan pada mata.

Mengapa kita harus memberi makan pada mata? Mata membutuhkan nutrisi untuk memaksimalkan kinerja penglihatan. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan berwarna cerah atau sayuran yang berwarna jingga. Buah-buahan dan sayuran tersebut mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh mata. Hal ini dapat mengurangi risiko penggunaan kacamata pada usia remaja.

  1. Pencahayaan yang cukup.

Aktivitas seperti membaca buku dan melihat layar HP, mengakibatkan mata bekerja sepenuhnya. Pada saat kita beraktivitas dengan mata yang bekerja sepenuhnya, pastikan penerangan yang kita dapat cukup. Apabila pencahayaan kurang, maka mata akan bekerja sangat keras. Sebaliknya, pencahayaan yang cukup menjaga mata agar tidak bekerja terlalu keras. Sehingga mata kita tidak terhambat penglihatannya.

Inilah lima cara jitu menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Mata adalah aset kita untuk dapat melihat dengan jelas. Dengan cara menjaga kesehatan mata, kita dapat menjaga penglihatan seiring bertambahnya usia. Let’s be smart to keep our health.

Sumber: http://www.akuratpost.com/1026/cara-menjaga-kesehatan-mata-untuk-mata-sehat.html

 

Related posts

Leave a Comment