4 Cara Jitu Belajar Jadi Seru

4 Cara Jitu Belajar Jadi Seru

 

Kewajiban yang melekat pada predikat yang disandang setiap pelajar tak lain adalah belajar. Terkadang belajar tak cukup hanya dilakukan di sekolah saja. Namun, sebagai siswa saya sendiri pun tak jarang merasa lelah dan malas. Bahkan hanya untuk sekedar mengulang pelajaran yang sudah di ajarkan di sekolah.

Kurang efisiennya cara belajar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat belajar. Tentunya hal tersebut berujung dengan malasnya belajar. Kualitas belajar yang baik dapat diukur dari pemahaman terhadap suatu materi serta meningkatnya pengetahuan.

Berikut ini beberapa tips menciptakan suasana nyaman dan fokus saat belajar:

  1. Carilah tempat yang membuat Anda merasa nyaman

Tempat yang nyaman dapat membuat Anda lebih berkonsentrasi dalam belajar. Suasana sunyi juga dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, hindari pula suasana yang terlalu sunyi ataupun terlalu nyaman karena dapat mengundang kantuk. Belajar di meja adalah tempat yang paling cocok dengan postur tempat duduk yang optimal.

  1. Pilih musik yang cocok

Pemilihan musik yang cocok disini bukan berarti musik yang cocok dengan selera Anda. Jika Anda nyaman dengan musik, Anda dianjurkan untuk mendengarkan lagu instrumental. Sangat tidak dianjurkan untuk mendengarkan musik yang terlalu banyak lirik, karena hal tersebut dapat membuat Anda ikut menyanyikannya. EDM (Eletronic Dance Music) dapat menjadi salah satu pilihan musik yang cocok menemani belajar Anda.

 

  1. Sebisa mungkin jauhkan gadget

Terutama yang berkaitan dengan media sosial dan game. Hal-hal tersebut dapat  membuat Anda memainkannya hingga lupa dengan pelajaran dan tugas. Gadget sangat memberi pengaruh besar terhadap terganggunya konsentrasi belajar Anda.

 

  1. Berikan reward pada diri Anda saat berhasil berkonsentrasi dan memenuhi target belajar

Tak perlu penghargaan atau hadiah yang sangat berkesan. Bisa sesederhana mentraktir diri sendiri, melihat serial favorit, atau hal kecil lainnya yang bisa menyenangkan diri. Saya sendiri tipe orang yang menerapkan ini. Rasanya jadi lebih semangat untuk berkonsentrasi, saat tahu ada hadiah kecil yang menanti.

 

 

Related posts

Leave a Comment